TfM5Tfd8Tfz8BSW0GUC9TUW0BY==

WhatsApp Semakin Mirip Zoom, Hadirkan Pembaruan Panggilan Video



KATA JAKARTA | Meta mengumumkan sejumlah pembaruan anyar pada aplikasi perpesanan WhatsApp, khususnya yang berkaitan dengan fitur panggilan video (video call). Deretan pembaruan ini membuat Whatsapp kini semakin mirip dengan Zoom yang lebih populer untuk soal panggilan video conference.

"Sejak kami memperkenalkan Panggilan ke WhatsApp di tahun 2015, kami terus menyempurnakan fitur tersebut dengan pengenalan panggilan grup, panggilan video, dan dukungan multiplatform. Hari ini, kami memiliki beberapa pembaruan yang akan membuat panggilan di seluruh perangkat Anda menjadi lebih baik dan mulus, yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan," terang WhatsApp dalam pengumumannya, Jumat (14/6).

Salah satu yang membuat WhatsApp kini semakin mirip dengan Zoom adalah hadirnya dukungan panggilan video hingga 32 orang di semua perangkat. Sebelumnya WhatsApp memang sudah memungkinkan penggunanya memasukan hingga 32 orang dalam satu panggilan video, namun itu hanya bisa dilakukan hanya melalui perangkat ponsel.

Sementara di komputer atau laptop berbasis Windows dan macOS, pengguna hanya bisa melibatkan hingga 16 orang dalam satu panggilan video. Karena itulah pembaruan ini sangat menarik, sebab seperti yang diketahui, banyak yang lebih suka melakukan satu panggilan video melalui perangkat komputer atau laptop mereka. Khususnya dalam panggilan resmi di lingkup pekerjaan atau sekolah.

Selain terkait jumlah tersebut, pembaruan kali ini juga membuat WhatsApp semakin mirip Zoom, berkat hadirnya fitur "Sorotan pembicara". Fitur ini akan membuat secara otomatis peserta yang sedang berbicara di panggilan video menjadi sorotan, atau muncul pertama di layar.  Sehingga memudahkan peserta lainnya untuk mengidentifikasi siapa yang sedang berbicara.

Fitur ini sebenarnya sudah menjadi fitur standar di banyak aplikasi panggilan video lainnya. Sehingga dengan hadirnya di WhatsApp, jelas akan membuat aplikasi milik Meta ini akan sejajar dengan penyedia layanan panggilan video lain pesaingnya.

Terakhir, WhatsApp juga menghadirkan pembaruan fitur berbagi layar dengan audio. Fitur ini merupakan peningkatan dari 'dukungan berbagi layar untuk panggilan video' yang diluncurkan WhatsApp bulan Agustus tahun lalu.

Sehingga kini pengguna WhatsApp bukan hanya bisa berbagi tampilan layar pada orang yang sedang dihubunginya, namun juga bisa berbagi audio. Di mana dalam prakteknya, akan memungkinkan pengguna menonton video dengan teman mereka melalui panggilan WhatsApp.

Di luar tiga fitur baru tersebut, WhatsApp juga mengumumkan telah meluncurkan MLow codec. Sebuah program yang akan menyempurnakan keandalan panggilan telepon atau video pada aplikasi mereka.

Dengan MLow codec, panggilan yang dilakukan pada perangkat seluler akan mendapatkan manfaat dari peredam bising dan gema yang disempurnakan, sehingga lebih mudah untuk melakukan panggilan di lingkungan yang ramai.

Selain itu, MLow codec juga akan membuat panggilan video memiliki resolusi yang lebih tinggi, pada mereka yang memiliki koneksi lebih cepat.

Sementara ketika pengguna memiliki koneksi jaringan yang buruk atau di perangkat versi lama, WhatsApp tetap meningkatkan kualitas audio secara keseluruhan lebih jernih hingga dua kali lipat dari sebelumnya.[]

Comments0

Type above and press Enter to search.